Minggu, 26 Juni 2011

Tips membeli makanan sehat

halo,pembaca semua,ketemu lagi di blog saya ini,Lifestyle Blog.kali ini saya akan menyediakan dan memberikan informasi kepada anda semua tentang bagaimana cara membeli makanan sehat yang baik.langsung aja baca artikel saya di bawah ini!!!selamat membaca dan menikmati!!!


terkadang kita sering keliru dengan makanan yang baru saja kita beli.apakah makanan yang kita beli itu masih bagus atau sudah kedaluarsa???hal itu menjadi pengaruh produk makanan pada saat ini.banyak pembeli yang sembarangan membeli makanan di supermarket maupun pasar.banyak pula pabrik makanan yang terus memproduksi makanan yang tidak layak konsumsi.lantas,bagaimana cara memilih makanan yang baik dan higienis????kalian bisa baca langkah langkah dan tips dan triknya di bawah ini!!

1.belilah makanan di tempat yang bersih,tidak kotor,dan jauh dari sarang kuman seperti supermarket,pasar swalayan,dan minimarket.karena disana memang telah dijamin kebersihannya.tempat yang kotor,dan tidak bersih akan berpengaruh para makanan yang dijual di tempat itu.jadi,kalau bisa membeli makanan di tempat yang jauh dari kuman dan bakteri.

2.yang kedua,jika ingin membeli makanan di pasar tradisional,pastikan bahwa makanan itu masih bagus dan tidak dikerubungi lalat ataupun serangga sejenisnya karena jika lalat hinggap di makanan tersebut,makanan tersebut akan mengandung banyak kuman dan bakteri dan bila dikonsumsi akan berakibat penyakit.

3.yang ketiga,jika ingin membeli makanan seperti sayuran dan buah buahan,pastikan bahwa warna sayuran itu berwarna hijau alami dan jika dipegang tidak lembek.karena jika sayuran itu lembek dan warnanya mulai pudar/kusam,hal itu menandakan makanan yang tidak layak konsumsi karena telah mengandung bahan bahan kimia yang bercampur pada makanan tersebut.

4.sedangkan jika ingin membeli makanan berkemasan dari pabrik,lihat dulu tanggal produksi dan tanggal kedaluarsa makanan itu.tanggal kedaluarsa itu biasanya tercantuk di setiap kemasan makanan di bagian bawah atau belakang makanan.makanan yang berkemasan rusak jangan di beli,karena biasanya,makanan seperti itu telah kedaluarsa dan tak layak konsumsi.

5.pastikan juga bentuk dari makanan tersebut.jika bentuknya makanannya agak keropos,jangan di beli.makanan yang keropos mengandung banyak bakteri ecoli yang menggerogoti makanan tersebut.

6.jika ingin membeli makanan kalengan seperti sardine ikan,daging kornet,dan sosis,goyangkan dulu kalengnya.jika tidak berbunyi berarti makanan itu masih aman dan layak konsumsi.sebaliknya,jika makanan itu berbunyi,berarti tak layak konsumsi.

7.jika ingin membeli makanan berbentuk roti atau makanan sejenisnya yang berbentuk tepung,pastikan bahwa tidak ada jamur sedikitpun yang menempel pada roti tersebut.jamur yang hinggap di roti tersebut biasanya berbentuk kecil seperti bintik berwarna hijau keputih putihan.

8.jika ingin membeli makanan berbentuk susu,pilihlah yang berbentuk bubuk.jangan yang sachset atau kaleng.susu bubuk lebih dijamin aman daripada yang sachet atau kalengan.

9.dan yang paling penting adalah jika mau memakan makanan tersebut,pastikan cuil sedikit makanan tersebut untuk dicicipi apakah masih aman atau kedaluarsa.jika rasanya seperti seharusnya dan tidak ada rasa lain,berarti masih aman,tetapi jika terdapat rasa lain di makanan tersebut,makanan itu biasanya sudah diberi dan bercampur pengawet makanan.

terkadang kita juga sering keliru dalam membeli makanan,ada makanan yang mengandung racun ada juga yang tidak.kalau misalnya kita keliru dan memakan makanan yang ada racunnya,maka dapat menyebabkan fatal dan kematian.racun yang dihasilkan makanan tersebut seperti prestisida ataupun bahan pengawet yang berfungsi untuk mengawetkan makanan.zaman sekarang,banyak pabrik yang memberikan pengawet pada makanan yang akan diproduksi.mereka tidak pernah tahu apa yang dapat diakibatkan dari pengawet tersebut.bagi mereka yang lebih penting adalah untung.
jika kita memelihara hewan ternak,jangan biarkan hewan itu dekat dengan kita karena salah satu penyebar bakteri dan kuman berasal dari kotoran hewan ternak.jika kalian memakan makanan yang berbentuk kaleng,pastikan bentuknya tidak penyok atau rusak.karena dapat memicu tanaman yang tersimpan di dalamnya.nah,sekian dulu tips dan cara cara yang saya berikan untuk membeli makanan tersebut.semoga bermanfaat bagi anda semua dan anak cucu kita nanti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar